Cara Memilih & Mencari Jamur Komsumsi

Jamur Tiram, Jamur Merang, Jamur Kancing Unknown

"Jamur berburu" bukan urusan biasa. Beberapa jamur mematikan untuk mengkonsumsi, sementara yang lain akan menyebabkan kerusakan organ permanen. Ada puluhan ribu spesies jamur, banyak yang saat ini tercatat oleh ilmu pengetahuan. Karena dapat memakan waktu beberapa tahun pendidikan dan pengalaman untuk secara akurat mengidentifikasi jamur untuk spesies, artikel ini diarahkan pembaca yang tertarik dalam memilih jamur untuk belajar, bukan untuk konsumsi.

  1. Perhatikan konteksnya. Bila Anda telah menemukan jamur untuk mengidentifikasi, memeriksa sekitarnya. Buat catatan dari apa jamur ini tumbuh di, dan perhatikan lokasi. Sebuah GPS locator adalah alat yang sangat baik di sini!

·         Apakah jamur tumbuh di kayu mati, pohon hidup, tanah, lumut, atau sesuatu yang lain sama sekali? Perhatikan bahwa beberapa jamur tumbuh pada kayu terkubur; ini dapat menipu Anda untuk berpikir bahwa mereka tumbuh di tanah!

·         Pohon yang hadir di daerah, jika ada? Sementara jamur dapat membentuk asosiasi dengan banyak tanaman, pohon-pohon ini adalah yang paling relevan untuk identifikasi. Jika Anda tidak bisa mengatakan spesies pohon persis, setidaknya diperhatikan apakah tumbuhan runjung, kayu keras, atau keduanya hadir.

·         Membuat catatan jika jamur Anda tumbuh di rumput, di atas pasir, pada lumut, pada jamur lain, atau situs lain yang menarik. Kemudian foto itu dari beberapa sudut sebelum memilih itu! Ini akan membantu setiap ahli Anda menunjukkan foto-foto untuk bersama dengan spesimen, karena akan membangun konteks di mana Anda menemukannya.


  1. Amati semua karakteristik mengidentifikasi.

·         Warna: Berhati-hatilah. Jamur dapat mengubah warna pada pengeringan atau paparan sinar matahari. Jika memungkinkan, perhatikan warna baik sebelum dan sesudah pengeringan semua bagian, termasuk tangkai, bagian atas tutup (baik di tengah dan dekat margin), insang (yang berubah warna dalam usia untuk sebagian besar spesies!), Dan daging, atau konteks, dalam bagian ini. Karena warna dapat berubah secara dramatis, mereka tidak akan diandalkan.

·         Ornamen: Apakah ada kutil, sisik, atau lipatan di tutup? Fitur-fitur ini dapat menghilang dengan bertambahnya usia, seperti warna.

·         Apakah insang tertutup oleh selubung tipis, merasa seperti, atau jaringan cobwebby? Jilbab ini bisa pecah untuk meninggalkan cincin di sekitar tangkai, yang adalah karakter yang sangat baik untuk mencari. Sekali lagi, ini sering hilang di usia. Jika belum jelas, sebuah jamur tua akan sulit untuk mengidentifikasi.

·         Permukaan Spore-bearing: Apakah jamur Anda memiliki insang seperti pelat bawah permukaan topi, keriput, tabung spons, atau sesuatu yang lain? Apakah jamur Anda bahkan memiliki topi, atau hanya putaran off-white bola?

·         Jika insang yang hadir, memotong jamur longitudinal (top-ke-bawah) dan melihat apakah insang yang terhubung ke tangkai. Jika demikian, apakah mereka lari ke bawah tangkai, memenuhi kebutuhan itu di sudut kanan, atau nyaris menyentuhnya? Karakter ini, seperti warna, dapat berubah dalam usia! Anda juga dapat menggunakan bagian ini untuk melihat apakah tangkai berongga, penuh, atau diisi dengan empulur dari beberapa jenis.

·         Apakah tangkai (Stipe) ada atau tidak ada? Jamur yang tumbuh pada kayu mungkin kurang Stipe apapun, atau memiliki satu yang melekat pada tutup dari samping, bukan di tengah.

·         Pastikan untuk menggali jamur Anda keluar dengan cara yang meninggalkan dasar tangkai rusak! Jangan menarik; menggali, dan bijak mengganti tanah ketika Anda selesai. Beberapa jamur memiliki fitur penting, seperti kantung mudah hancur, di dasar Stipe.

·         Apakah memar jamur Anda ketika dipotong atau dihancurkan? Apa warna? Apakah spesimen sangat segar memancarkan lateks ketika dipotong?

·         Bagaimana jamur Anda bau? Umum jamur? Fenolik (seperti perban antiseptik?) "Almondy"? Seperti jagung hijau?

·         Ambil cetakan spora dengan menghapus topi, dan memungkinkan untuk duduk selama beberapa jam, sebaiknya bermalam, di atas selembar kertas. Jika jamur menurun spora, Anda akan melihat mereka debu kertas, memungkinkan Anda untuk menentukan warna. Perhatikan bahwa istilah untuk warna spora bisa sangat tepat; cokelat, coklat tembakau, dan berkarat coklat adalah warna yang sama sekali berbeda!

  1. Mengidentifikasi lookalikes. Karena Anda tidak makan jamur ini, ini tidak akan menjadi masalah hidup dan mati.; Namun, jika Anda tergoda untuk mencoba, ingat bahwa spesies yang mudah diidentifikasi di satu wilayah mungkin memiliki lookalike berbahaya di daerah lain! Misalnya, Volvariella speciosa, spesies yang dapat dimakan populer di Asia, dapat dengan mudah bingung dengan Amanita phalloides, spesies beracun yang mematikan di Amerika Utara dan Eropa.
  2. Jamur harus dilakukan dalam kantong kertas atau kertas lilin, sebaiknya dalam wadah kaku. Kantong sandwich plastik akan mengubah mereka untuk bubur dikenali. Jamur kecil dapat tetap utuh dengan membawa mereka di kecil, kotak keras; beberapa tackleboxes digunakan untuk memegang memancing lalat yang ideal untuk tujuan ini!
  3. Toko dan transportasi jamur aman. Jika akan ada anak-anak atau hewan peliharaan dekat jamur, pastikan bahwa kedua tidak pernah bertemu.

Tips :

·         Pastikan bahwa Anda memiliki keranjang menenun longgar untuk memungkinkan spora untuk melarikan diri.

·         Bekerja dari kunci dalam panduan lapangan yang handal di wilayah Anda. Jangan repot-repot mengidentifikasi dengan bermain "sesuai foto;" ini telah mendapat orang tewas!

·         Seorang anggota masyarakat mikologi lokal Anda mungkin dapat membantu Anda mengidentifikasi bahan segar, tapi jarang akan mereka bersedia untuk membuat identifikasi percaya diri dari atas ke bawah tembakan tunggal dari jamur kecil. Ambil beberapa foto yang menunjukkan insang, topi, dan basis, perhatikan karakteristik yang tercantum di atas, dan mendapatkan cetak spora.

·         Banyak spesies jamur yang paling melimpah di musim gugur.

Peringatan :

·         Menyadari hukum terhadap pengumpulan dari lahan publik di daerah Anda. Anda dapat memukul dengan denda besar dan kuat untuk mengumpulkan tanpa lisensi, bahkan jika Anda tidak berniat untuk makan apa yang Anda kumpulkan! Selain itu, Anda mungkin ingin menghindari mengumpulkan apa pun yang menyerupai spesies halusinogen; kepemilikan Psilocybe adalah kejahatan di banyak yurisdiksi.

·         Beberapa spesies jamur yang mematikan atau serius beracun menyerupai spesies yang dapat dimakan. Jangan makan jamur liar kecuali Anda telah forayed dengan kelompok berpengetahuan --doing sehingga memerlukan risiko berikut:

·         Muntah dan / atau diare

·         Tekanan darah menurun

·         Kesulitan bernapas, mungkin kematian akibat kegagalan pernapasan

·         Mengantuk (jatuh tertidur dan tidak dapat membangkitkan) yang mengarah ke misdiagnosis keadaan koma

·         Ginjal dan hati kegagalan

·         Kanker (Gyromitrin merupakan karsinogen dikenal)

·         Anemia hemolitik

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment